Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kab Garut Benahi Tata Kelola Ke Arsipan

Garut - Bawaslu Kabupaten Garut melaksanakan Rapat Dalam Kantor (RDK) di Aula Rapat Kantor Bawaslu Kabupaten Garut, Hadir Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, Dr. Hj. Ipa Hafsiah Yakin. dan anggota Bawaslu Kabupaten Garut, Asep Nurjaman, Iim Imron, Ahmad Nurul Syahid, dan Asep Burhan,Drs Eliazar Barus (Kepala Sekretariat Bawaslu Prov Jabar) dan Narasumber Drs. Engkus Kusnadi (Ahli Madya Arsparis Kab Garut), Selasa 28 Juni 2022

Dalam Sambutannya Sekaligus Membuka acara Ketua Bawaslu Kab Garut Ipa Hafsiah Menyampaikan arsip harus dikelola dengan prosedur yang tepat agar arsip dapat tersimpan dengan baik karena arsip mempunyai peranan penting sebagai sumber informasi, pengelolaan kearsipan dan ke tatausahaan ini agar kedepan penataan arsip dilingkungan bawaslu kab garut lebih sistematis dan efetif serta berkualitas.

Eliazhar Barus menyampaikan ada beberapa aspek-aspek pengelolaan kearsipan,mulai dari jenis arsip,mangemen arsip,samapai kepada pengendalian,pendistribusian dan jadwal retensi arsip, salah satu arsip yang pengelolaannya penting untuk diperhatikan adalah arsip dinamis. Arsip dinamis adalah arisp yang digunakan secara langsung dalam kegiatan perencenaan,pelaksanaan atau arsip yang digunakan secara langsung daam kegiatan penyelengaraan administrasi negara. Beliau juga menegaskan bahwa kearsipan memegang peranan penting di dlam suatu organisasi yang mempunyai kegunaan yaitu sebagai pusat ingatan dan sumber informasi,Karena arsip itu memiliki fungsi yang cukup penting maka arsip perlu dikelola secara baik dan benar dengan sesuatu sistem yang baik dan benar agar informasi yang tersimpan dalam arsip tersebut tetap terjaga keautentikannya dan tujuan adanya kearsipan hal ini merujuk pada ketentuan perbawaslu 12 tahun 2020 tentang keamanan dan akses arsip serta perbawaslu 14 tahun 2020 tentang jadwal retensi arsip.

Dalam Pemaparannya engkos menegaskan bahwa, sistem penyimpanan arsip akan dikatakan baik apabila arsip yang dibutuhkan dapat ditemukan kembali dalam waktu yang cepat dan tepat serta Arsip ini juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dan fundamental dalam pertanggung jawaban sebuah administrasi dalam pengelolaan birokrasi pemerintah, Apalagi, lanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan kantor yang semakin maju dan berkembang, maka semakin banyak pula data-data, berkas maupun arsip yang terkumpul dan disimpan karena masih mempunyai nilai guna, Sehingga perlu penyimpanan secara sistematis.

Dalam Penutupannya eliazhar menyampaikan guna meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan dan ketatausahaan kedepan harapannya bawaslu garut menjalin kerjasama dengan dinas kearsipan dalam rangka untuk pengelolaan kearsipan di Bawaslu Garut.

Tag
Berita
Publikasi