Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Garut Kembali Kunjungi Parpol

Garut - Bawaslu Kabupaten Garut melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka sosialisasi pengawasan tahapan Pemilu 2024 Ke DPD Partai Keadilan Sosial (PKS) Kabupaten Garut dan DPD GERINDRA. Hadir Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, Dr. Hj. Ipa Hafsiah Yakin. dan anggota Bawaslu Kabupaten Garut, Asep Nurjaman, Iim Imron, Ahmad Nurul Syahid, dan Asep Burhan diterima oleh dr. H. Helmi Budiman, (Ketua DPD PKS Kabupaten Garut) dan pengurus DPD PKS Kabupaten Garut Ditempat terpisah diterima oleh Wakil Ketua DPD GERINDRA beserta jajarannya. Senin 27 Juni 2022

Dr. Hj. Ipa Hafsiah menyampaikan terkait tahapan, 11 tahapan yang diawasi oleh Bawaslu sesuai dengan amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017, kerja-kerja Bawaslu ketika tidak ada pemilu kemarin kita sudah melakukan pengawasan partisipatif, melakukan MoU dan MoA dengan Perguruan Tinggi, Organisasi Masyarakat di Kabupaten Garut serta sudah melahirkan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif. Ini dilakukan dalam upaya untuk meminamlisir pelanggaran Pemilu, Lanjut Iim menyampai kan bahwa untuk tugas panwascam itu sudah diatur didalam undang-undang 7 tahun 2017, hanya berbeda tingkat wilayah saja dengan kami yang ada di kabupaten/kota, kemungkinan untuk perekrutannya pada bulan september karena pada bulan desember, nantinya harus sudah ada pelantikan, apalagi untuk pendaftaran dan verifikasi partai politik bulan juli ini terakhir Asep Nurjaman menambahkan bahwa Secara legal standing Bawaslu itu hadir tahun 2007 tingkat nasional, seiring dengan pentingnya demokrasi maka di hadirkan Bawaslu sampai tingkat provinsi pada tahun 2013, tingkat kabupaten kota baru tahun 2018. Tentunya kehadiran kami Bawaslu untuk menjaga pemilu itu berjalan dengan baik sehingga pemilu yang berkualitas, bermartabat, berintegritas ini bisa tercapai. Dan produk yang dihasilkan dari pemilu itu hasil yang di harapkan oleh masyarakat terakhir masukan tentang pelatihan saksi partai politik diharapkan untuk menyiapkan para saksi yang akan di siapkan di setiap TPS, serta Bawaslu siap untuk secara bersama2 dengan partai dalam memberikan pembekalan dan pelatihan untuk saksi.

Menanggapi apa yang sudah disampaikan dari bawaslu helmi menyatakan partainya siap bekerja sesuai dengan amanat uu dan arahan – arahan yang telah di sampaikan pihak bawaslu dan juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan bawaslu kabupaten garut ke DPD PKS sehingga dengan adanya kunjungan ini diharapkan pemilu/pemilihan khususnya di daerah kabupaten garut berjalan lancara damai tanpa adanya ekses.

Di tempat terpisah wakil ketua DPD GERINDRA mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan upaya bawaslu dalam mensosialisasikan tahapan dan aturan bawaslu menjelang pemilu/pemilihan 2024.

Tag
Berita
Publikasi