Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu : Mencegah Terjadinya Sengketa Pemilu

Garut- Bawaslu Kabupaten Garut yang di wakili oleh Ipa Hafsiah Yakin (Ketua/Kordiv. Penyelesaian Sengketa) serta Asep Nurjaman (Kordiv. Penanganan Pelanggaran) menghadiri undangan Rapat Divisi Penyelesaian Sengketa yang di selenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Bandung, Selasa, 26 Juli 2022.

Dalam melakukan pencegahan pelanggaran Pemilu dan pencegahan sengketa proses Pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 101 huruf a Undang-Undang 7 tahun 2017, Bawaslu kabupaten/Kota bertugas: Pertama, mengidentifikasi dan memetakan potensi pelanggaran pemilu di wilayah kabupaten/kota. Kedua, mengoordinasikan, menyupervisi, membimbing, memantau, dan mengevaluasi Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kabupaten/ kota. Ketiga, melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah dan pemerintah daerah terkait. Keempat, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu di wilayah kabupaten/kota.

"Pencegahan dalam meminimalisir pelanggaran dan sengketa tidak hanya dengan melakukan pengawasan, pada beberapa waktu yang lalu kami pun sudah melaksanakan silmulasi penyusunan putusan sengketa di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat dengan harapan/output yang dapat dicapai yaitu Bawaslu Kabupaten/Kota telah siap bilamana terjadi sengketa di wilayahnya. Selain itu kita akan mendistribusikan tugas pengawasan ke seluruh divisi yang ada di Bawaslu, jadi tugas pengawasan tidak hanya bertumpu di divisi PHL saja" Ucap Yulianto Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jabar.

Pada kesempatan yang sama, Sutarno Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jabar menambahkan “Tahapan pendaftaran dan verifikasi calon peserta pemilu sudah di depan mata, berkaca pada pemilu yang lampau, pada tahapan ini potensi-potensi pelanggaran bahkan sengketa sangat rawan terjadi. Oleh karena itu, mari kita rapatkan barisan dan persiapkan diri kita dalam menghadapinya, saya harap khususnya di Kabupaten/Kota di Jawa Barat tidak sampai terjadi pelanggaran maupun sengketa, maka dari itu dari sisi pencegahan harus lebih ditingkatkan dari sebelumnya" ungkapnya.

Penulis : Dr Hj Ipa & Yuyus

Editor : D.A.Q

   
Tag
Berita